Japantrip 2018. Day 5.

07.48.
Apato Adel Fin, last morning.

Yaaaa ngopi pagi ini lebih diresapi lagi karna, last day! Abis ini mandi dan angkat pantat ke stasiun. Rencananya mau ke Kyoto dulu, terus lanjut Osaka.. nggak reservasi tiket kereta  dulu karna males keiket waktu, lagian kereta ke Kyoto ada setiap sekitar 20 menit sekali.



Nikmatin dinginnya Kanazawa dulu karna kemungkinan abis ini di Kyoto, Osaka, atau Tokyo bakal lebih panas dari Kanazawa. Beberapa hari disini teh sebenernya pake baju berlapis-lapis terus. Dingin banget. Apalagi malem diluar ya, sambil sepedaan yaaaa, bisa triple, sama jaket. Celana panjang juga udah dobel. Beda banget sama di Tokyo pas nyampe cuacanya standar Bandung, bisa pake kaos tangan pendek selapis doang. Kanazawa kalo di cek bisa sampe 5 derajatan. Plus, angin kenceng banget, kadang lagi naek sepeda bisa sampe hampir jatoh.

Nggak enaknya, saya termasuk yang gampang kepanasan dan gampang kedinginan, jadi kalo suhu berubah-ubah teh harus sedia pakaian yang cukup aman untuk dipake, buat pas kedinginan, ataupun kepanasan. Beda sama Kijing yang kayaknya lebih tahan sama perubahan cuaca. Aku iriiii...


Sarapan pagi ini udah beli kemaren di AEON, biar cepet pagi ini ga kelamaan pake acara ke restoran.



Cup Noodle nya rasanya ya oke-oke aja sih biasaaaa. Tapi stroberinya yang mewah. Gara-gara banyak yang bilang stroberi Jepang enak dan manis banget jadi aja kabita deh nyobain. Disini katanya biasa dimakan dicocol ke susu kental manis, et dah tambah manis lagiiii. 

Ke bm-an kemaren ke AEON:

 

Beres makan, packing-packing terakhir, dan gosip-gosip terakhir, cabut lah kita keluar. ke halte bus dulu, buat naik bus ke stasiun. Dianter sama dua kesayangans.


Lagi repot ngeluarin tripod mini terus ada orang yang lewat nawarin motoin, horeeee.
Semoga bisa balik kesini lagi yaaa, sebelum Kodel beres kuliah, atau mungkin Fin yang lanjut kuliah :')







11.02.
Kanazawa Train Station.

Bagus banget stasiunnya Kanazawa ini, sejak kemaren dateng juga udah keliatan walopun malem-malem. Ternyata, atapnya kalo diliat dari jauh keliatan kayak topinya samurai.




Captured by Fin or Adel. Aku pohooooo..




Bye bye Adel Fin Amira Tilau! Semoga kami bisa main-main lagi kesini :') Hatur nuhuuuun ditemenin ngobrol ketawa ketiwi sampe after midnite, sesepedaan dari pagi sampe malem keliling kota, aslina kami hepiiiiii! *kecup satu-satu.
Off we go!


11.45.
On Thunder Bird. Kanazawa to Kyoto.

Jadi ternyata Thunder Bird ini kereta express ajah, bukan Shinkansen. Lah salah dari kemaren kirain Shinkansen heuheu. Gada bedanya juga si, sama-sama cepet. Rutenya Kanazawa - Kyoto - ShinOsaka. Dua kota tujuan ini, Osaka ama Kyoto sebenernya bisa dibalik balik, secara jaraknya cuma 16 menit kalo pake Thunder Bird, pake kereta lokal setengah jam. Nah akhirnya kita ke Kyoto dulu soalnya Panda-Rara-Air kebetulan abis liburan di deket-deket Kyoto. Sementara mereka sebenernya tinggal di Hirakata, kota ditengah-tengah antara Kyoto sama Osaka.

Thunder Bird tenyata... ramai. Penuh. Hahhaha. Emang kebetulan banget hari ini hari terakhir dari liburan panjang, rangkaiannya Golden Week, besok mulai pada kerja. Tetep bisa naik di jam paling cepet setelah kita sampe stasiun tapi ternyata buat masuknya aja ngantri. Terus berdiri. Hiahahahha.

Yah moga-moga satu-satu pada turun ya di stasiun tengah-tengah, jadi bisa duduk.




Setengah jam.. sejam.. berlalu.. nggak ada tanda-tanda bisa duduk :)))
Scroll ig udah, upload stories udah bejibun, akhirnya kita baca buku.. hhhh.. Etapi emang banyak nih yang sepanjang jalan baca buku, atau baca di hp.

 

Adeuh ini mas nya untung udah dikawin kalo nggak aku naksir nih, backpacker gondrong tapi baca buku di jalan :') :')

Lama-lama kaki mulai kesemutan sodara-sodaraaa :))

Lalu tiba-tiba pemandangan muncul kota di pinggir air, yang ngga tau laut apa danau hehe. Setelah buka gmaps kemungkinan besar kita lagi di Kota Takashima, dipinggir Danau Biwa, danau paling besar di Jepang. Bagus deh.






13.45.
Kyoto Station.

Hellooooo Kyoto!




Stasiunnya bagus juga, gedee dan super rame!

 

Ke bm-an liat vending machine hari ini berakhir beli Coca-Cola kontet :))

Keluar stasiun langsung disambut keluarga cemara.
Hellloooo Altair!


Bingung-bingung mau kemana dan makan dimana, akhirnya diputuskan kita ke Fushimi Inari. Mariiii... masuk stesyen lagiii heheh.


14.37.
Fushimi-inari.

Lah rame amat yak. Hehe.

Ternyata keluar stasiun langsung berhadapan sama gerbang kuilnya. Gampang banget nih kalo turis mau kesini.






 

Naik terus keatas... tapi ya rame kayak lagi tawaf.













Keluar Fushimi-inari makan takoyaki lagi, 500 yen. Enaaaaakkk!




Abis masuk Fushimi-Inari, beli kartupos di souvenir shop, dan makan Takoyaki di pinggir jalan, lalu kita ke statiun kereta buat ke Hirakata.




Jadi Panda-Rara-Air tinggal nya sebenernya di kota namanya Hirakata, letaknya diantara Kyoto sama Osaka. Jadi katanya naik kereta ke Kyoto 15 menit, ke Osaka 15 menit. Warbiyasa. Mari kita liat Hirakata.


16.20.
Hirakata.




Sesungguhnya beberapa jam di Hirakata pemandangan outdoor yang diliat cuma ini hahhaha. Sisanya kita didalam gedung terus. Tapi ada yang keren banget nih di Hirakata.

Tadaaaaaaa...

Ini Tsutaya (kalo di Indonesia kayaknya semacam Gramedia-nya) yang superrrr gede banget. Keluar dari stasiun Hirakata jalan dikit doang pindah gedung. Luarrrrr biasa kerennya. Jadi, bakal ada postingan terpisah ya! Hihiih..

Setelah nongkrong-nongkrong bentar di Tsutaya sambil nemenin Air main di playgroundnya. Kita cabut keluar mau nyari tempat makan sekalian nongkrong. Misah sama Rara Air karna mereka bakal pulang ke rumah.


18.09.
Izakaya (yang gatau namanya apa, hehe).

Diajakin Panda kesini, kalo nggak sama Panda ngga akan ketemu nih tempat kayak gini, di lantai bawah tanah. Tempat masuknya cuma sempit tangga-tangga doang kebawa. Rupanya banyak ya di Jepang tempat kayak gini, diatas nggak keliatan ada kehidupan, eh di bawah rame.

Template mejanya kayak gini, sempit-sempit banget sih. Ini meja buat dua orang di sebelah kita, cuma kepisah beberapa puluh cm aja dari meja kita. Emang gini ya Jepang, banyak tempat-tempat compact karna lahan mahal kali yaaaa, lucu jugaaa. Dan yang kerasa bedanya sama tempat makan di Indonesia apa coba? Nggak ada lahan parkir! Dimana kalo di Indonesia nggak ada lahan parkir mah susah banget mau jalan.

Si tablet yang diatas meja itu daftar menu. Jadi kalo mau mesen apa apa tinggal liat-liat terus klik klik, nggak berapa lama makanan atau minuman yang diminta bakal dateng. Canggih yhaaaaa :P



 

Ngobrol ngalur ngidul ama Pak Panda sampe jam 9 an. Nggak bisa terlalu malem karna kita bedua masih harus naik kereta buat ke Osaka. Mesen hotelnya di Osaka Soalnya.


21.52. 
Hirakata Station to Shin-Imamiya Station, Osaka.

Lanjut otw Osaka nyari hotel yang udah dipesen, sementara Panda balik pulang ke rumahnya.


 

 


23.29.
Ikidane House, Namba Osaka.

Sampe juga setelah nyari hujan-hujan dan ngga ada orang yang bisa ditanyain. Sepi banget bok. Terus kok sekitaran hotelnya agak bronx gini yaaa.



Yang perlu diingat besok-besok kalo check in di hotel dan udah malem. Harus liat resepsionisnya ada jam nya apa engga (karna bisa jadi kalo hostel resepsionisnya nggak 24 jam, kalo lewat jamnya, yang bisa keluar masuk cuma yang udah pegang kunci), soalnya ini kita nyampe beberapa menit aja sebelum resepsionis tutup. Hehhe.

Pertama kali nih nginep di box macem gini.




Oke goodnight people,
See you next day! xoxo.

Tidak ada komentar