Jumat, 29 April 2011

Day 12. Amsterdam. Delft.

Rencana ke Keukenhof pagi tergagalkan karna tergoda ngeliat Zaanse Schans, yang kalo naek sepeda kira-kira cuma 15 menit dari rumah om nya Litya. Bagusss! Untung sempet ngeliat dan ga langsung ke Keukenhof.

 
 

Zaanse Schans.
Baca = zansye skans. Semacam desa gitu, yang kayaknya emang dikhususin buat turis turis pada keliling, liat rumah rumah yang masi pake kincir angin khas Belanda gitu (molen), yang macem macem dalemnya, ada yang bikin minyak apaaa gt, ngolah kayu, dll lah, ga apal. Tapi kebanyakan pada bayar €3 jadi males, hehe secara banyak. Jadi kita masuk ke yang gratisan ajeee.

 

 

Catharina Hoeve. Henri Willig Cheese.
Rumah tempat nunjukin pembuatan keju sama ruangan bikin kejunya. Ruangan kedua udah langsung rak rak banyak isinya kejuuuu plus souvenir souvenir sih. Yang enak si mbak mbak penjaga toko terus terusan marutin keju buat tester. Asik bet, Litya udah kalap makanin keju, ngerangkep makan siang doi, heheh. Keju pertama yang saya cobain namanya pesto, dan enyaaak! Warnanya ijo gt, tapi rasanya mantab! Rasanya kayak udah dikasi bumbu bumbu gt didalemnya. Keju kedua hoekkk ga enak, ternyata dari susu kambing, ga cocok sama lidah saya, rada bertekstur tepung gt dan bau susu kambing. Hahah. Keju ketiga enak juga, keju asep, warnanya warna keju biasa tapi luarnya merah, jadi kayak apel dipotong ama kulitnya gt. Masi banyak si sebenernya jenis berikut testernya, tapi secara saya gak gila keju jadi males nyoba lagi. So far pesto yang paling enak, tergiur juga pengen beli, harganya sekitar €8 satu bonggol gt, tapi dirumah gada yang suka kejuuu.. Dan berat juga bawanya..

 

Klompenmakerij & Museum.
Rumah isinya klompen semuaaaaa.. Begitu masuk diliatin klompen ama sejarah sejarahnya, sama jenis-jenisnya yang ternyata aneh aneh, haha. Selama ini pernah liat yang model standar doang. Ternyata banyak gt ekspansinya si klompen, ada yang sampe jadi alat musik, trs ada yang jadi karya seni jg. Itu seruangan gede isinya beneran klompen digantung dimana-mana..

 

 

At Keukenhof Parkeeren 5:45pm.
Nungguin bus balik ke Schippol. Si bus ke Keukenhof emang dari Schippol, atau Leiden kalo ga salah. Pas pergi sih se-bus cuma berempat, tapi pas balikk.. Nunggu setengah jam (2 bus) buat pulang. Mungkin karna kita pergi udah siang jg ya, jadi kosong pas perginya.



















Keukenhof.
Taman supergede khusus tulip yang buka cuma setahun sekali, cuma selama 2 bulan. Salahsatu alasan kenapa kita bedua mutusin ke Belanda tanggal tanggal segini. Bagus, gede, dan tulipnya macem-mecem bgt, apalagi buat yang suka bunga kali yaaa bakal ngabisin waktu lebih lama disini. Secara saya ama Litya sama sama biasa aja ngeliat bunga yaaaa cukup sekali aja kali kesini. Worth it tapi, ngeluarin €14.5 buat taman segede gini. Kemaren di selebaran sih katanya harga tiket masuk plus transport pp Schippol-Keukenhof-Schippol €25 (Schippol-Keukenhof ± stengah jam), tapi tadi pas kita ke loket di Schippol kita cuma disuruh bayar €21, di tiketnya pun harganya segitu, gatau diskon atau apa. Mayan..

 

 


Janjian ama Arien, anak Jong Arsitek yang dulu ketemu di Surabaya (mantannya Kukuh, hehe) yang tadinya mau di Keukenhof ga jadi, dia ternyata batal ke Keukenhof, tampaknya masi di Rotterdam ama temennya. Moga-moga Queensday ketemu kita Arien! :D

At a train Schippol to Delft 6:30pm.
Tadi begitu masuk Schippol, ada pramugari jadi-jadian. Tinggi, lumayan langsing, pake baju dan topi pramugari, pake high heels, tapi punya kumis, jenggot, ama kakinya buluan. Hahah. Beberapa menit kemudian pas nungguin Litya pipis keliatan dia lagi lepas high heels, bediri di depan salah satu tiang gedung bandara, bareng sama satu cewe -normal, yang lagi ngeliatin video ke si pramugari jadi jadian. Kayanya lagi ikutan kelas seni eksperimental. Nyeheh..

At Ron's place 8:43pm.
Ron ini temennya Litya, yang sempet student exchange di ITB tapi udah balik ke Belanda, kuliah di TU Delft, jadi tadi dijemput ama dia di stasiun, terus belanja buat masak dulu di Albert Heijn.


Albert Heijn.
Baca = albert hein. Ini kayak supermaket murah punyanya Belanda, yahh mungkin sama kayak Tesco kalo di UK. Si litya emang udah berkali kali nyebut si, tapi baru skrg akhirnya kesampean masuk, dan bagusssss, ya bagus buat mia yang suka supermarket! Yang kita masuk ini lumayan gede dan komplit si, bikin pengen beli dan nyobain semuanyaaaa aaaaaaAAA. Bisa jadi besok besok kaga sempet lagi nih masuk Albert Heijn. Btw harga daging disini lebih murah dari tesco. Hahaha. Akhirnya beli Bokkenpootjes doang, yang dari kemaren disuruh Litya cobain.

Welcome to Delft! :D

Selasa, 26 April 2011

Day 9. London. Dover. Calais. Gent. Brussels. Antwerpen. Heeland. Dusseldorf. Duisberg. Essen. Brussel.

On a ferry Dover-Calais. 01:19am. Waktu Prancis.
Ferry penyebrangannya ternyata gedeeee bgt, ini lebih mirip gedung bergerak kalo kata sayah. Hehe. Dan Litya cuma pernah naik ferry ya disini ini, tunggu lit.. sampe lo nyoba ferry penyebrangan Banda Aceh-Sabang! Hahha besinya aja udah karatan semua!

Ferry UK - France.
Si ferry banyak banget ruangannya, penuh tempat duduk enak dan luas, ada coffe shop, bar, toko souvenir ama toko buku, sampe keeee ruangan mainan yang penuh mesin dingdong sampe ke ddr! Haha.. ddr disini 1£, ga nyoba tapi euy. Nyebrangnya ternyata ke Prancis, sebelum naik jg si imigrasi nyetempelnya Prancis sih, untungnya gada masalah sama visa Schengen sayah, masalahnya cuma Litya tadi hampir ditinggal bus di imigrasi, hahah dia kira udah abis orangnya.
















Oh ya, sambung tentang si couple yang having such a great time di bus, si cowok charming itu nyapa saya pas ngantri di imigrasi, nanya dari mana, sayah bilang dari Indonesia. Terus mbak mbak imigrasi manggil dia, berenti lah ngobrolnya, eek. Tapi tenang, begitu naek ke bus lagi dia cerita kalo dia punya temen baik orang Indonesia, namanya Susanti, temen pas dia kuliah di UK, dia org UK btw. Lanjut lah dia nanya nanya kita ngapain study apa traveling, trs dia nanya kita mau kmana aja.. Sumpah ini cowok charming luar biasaaaa..! Sayangnya kita pisah di Brussels, dia masih terus naik bus, entah mau kemana..

Sampe di Brussel Hbf jam 5 pagi, emang ternyata rada serem di Brussel, sayah ama Litya saling jaga dan parnoan, hehe. Gimana engga, mau turun bus aja si supir ngingetinnya hati hati barang bawaan, di Brussel ga aman. Nyeeeee. Mana nyampe terminal masi rada gelap dan sepiii.. Nunggu counter Eurolines ke Essen buka deh..

Sepanjang perjalanan, dari Brussel-Essen (bagian yang nggak tidur) disuguhin petak petak tanah warna warni gt, ada yang tanah abis digarap, rumput, kebon bunga, trs disela selanya berdiri tegak kincir kincir angin yang tiga kincir (aduh gimana ngejelasinnya) warna putih gede bgt gituuu.. Bagoooosssss

In front of Essen Hbf. 4:47pm.
Lagi nunggu bus ke Brussel di depan stasiun, di emperan Jerman, hehehe. Sumpah beneran ini di emperan. Hari ini panjang, kita ngelewatin 5 negara: UK, Prancis, Belgium, Nedherland, ama Jerman, asooooiii bet, demi ngunjungin Red Dot Museum di Essen, kota kecil di arah barat laut Jerman. Eh ini abis makan semacam sandwich tapi isinya ikan mentah, enyaaaaaakkkk!

 

Essen.
Kotanya nggak terlalu gede, tapi enak deh, fasilitasnya lumayan, museum juga dia punya banyak, nggak sempet jalan banyak sih, secara target kita emang cuma mau ke Red Dot yang jadi Red Dot kedua dan terakhir kita setelah Red Dot Singapur(ternyata Litya juga udah pernah ke yg di Singapur). Sampe di Essen Hbf tadi siang jam 12 kurang seperempat (busnya telat 45menit). Ngopi Starbucks bentar, sambil nyoba wifi an yang sayah selalu gagal, langsung naik tram ke Red Dot. Si tram lucu, keretanya slim, terus pendek bgt, cuma 2 gerbong apa ya.. Jalur ke Red Dot kebetulan lewat daerah perumahan gt, sebagian toko dll, enak dah beneran daerahnya, nggak terlalu rame..

 

 

Red Dot Museum Germany.
Gedungnya ternyata di semacam kompleks gt, ada museum, kafe, observatory, gallery, gt lah.. Red Dot ini cuma salah satu gedung disitu, daaaan sama skali ga ada sign kalo disitu ada Red Dot. Beda sama yang di Singapur yang bener bener mamerin dia punya Red Dot, dan didalem Red Dot Traffic Building yang beneran merah mencrang, yang ini merahnya rada butek. Masuk, front desk dll interionya baru, terang, masuk ke ruang pamer, jeng jeng.. disuguhin mobil digantung yang selalu keluar kalo googling, si gedung ini kayaknya udah ada dari jaman perang atau apa gt, kayak bengkel raksasa gt, penuh sama besi besi mesin atau saluran besi.. rada kecewa si ngeliat lantai pertama yang kalo menurut saya ama Litya sih kurang kegarap, banyak bagian yg terlalu kosong. Lantai berikut-berikutnya menurut saya lumayan bagus.. (Sampe lantai 5) emang ruang pamer nya agak nggak biasa karna naik turun tangga besi, tapi lumayan unik. Barang barangnya.. Yah versi Red Dot Singapur tapi lebih komplit lah ya..

 

 

 

On Eurolines Essen - Brussels. 21:12pm.
Baru abis berenti istrahat bentar, skrg udah jalan lagi menuju Brussels. Btw pas di London, orang baca Brussel = brassels, sementara kearah belanda jerman prancis, mereka bacanya = bruksel..
Oya, jam sini (eropa daratan) lebih cepet satu jam dari London, jadi bedanya ama Indonesia cuma 5 jam.

Senin, 25 April 2011

Day 8. London.

On National Express to Brussel. 8.34pm.
Masih di Victoria Coach Station, belum berangkat juga busnya, gatau nunggu apa. Di belakang bgt anak kecil ribut amet dah minta di bekep. Nah di kursi depan kita, ada pasangan yang menarik deh, they are having a good time I think, daritadi cerita muluk bedua, ketawa, kasual pisuuun ini org bedua. I think I miss that kind of situation. Si cewe tadi sempet ngomong bahasa Jerman ke org lain, dan sempet nyebut 'kalo di Jerman...' Tapi kalo ngobrol bedua mereka pake basa Inggris. Kayaknya ini duaan beda asal gt, tapi gatau dah. Si cowok sumpah charming bgt, tampak cool, dan humble bgt. Daaaaaann skrg mereka ngisi teka teki silang beduaaa!!! Aaaaaaaa I adore them!

National Express.
Bus nya ternyata lebih luas dikit dibanding Megabus, lebih nyaman dikit lah, tapi harga nya booookk perjalanan ini 40 kali lipat dari perjalan ke Glasgow! Hahah.. Oya, bus ini udah stir kiri, beda sama bus UK yang stir kanan sama sama Indonesia.

Harrods.
Akhirnya tadi siang kesampean ke Harrods, walaupun beda arah dari tempatnya Jani tapi tetep kita kesana. Ternyata kata Litya emang cuma satu tokonya, dan gede banget. Dia ternyata jual merek" lain, tapi produksi merek sendiri juga. Komplitt.. Dari mulai makanan, baju, alat outdoor, perlengkapan bayi, mainan, tapiiii mahal mahal! Bahkan di souvenir shop nya sayah ama Litya sampe desperate nyari peritilan yang sanggup dibeli. Berakhir dengan.. beli roti, haha keluar duit tapi kenyang, mayan, dapet kantong Harrods. Hehe

 




Primark.
Ok. Akhirnya ke Primark juga. Kami memutuskan untuk shopping! Daaaaaannnn murah murahhhh gilaaaaaa.. Dirampok super ini mahh, tapi tetep nahan bgt, gakuat bawanya! Tank top bisa cuma 1,5£, KACAMATA 1£, tas kulit kecil 4£, iket pinggang kulit 1£, pokoke ini toko worthed semua.. Mulai dari yang murah sampe yg mahalnya. Yaaa kalo punya duit dan koper tambahan mah gapapa yakkkk..
Btw ini toko ada dua lantai, dan satu lantai kasirnya sampe 22 counter. Kebayang ramenyaaaaa...

Beres dari Primark, langsung menuju flatnya Jani, udah lewat dari batas yg kita tentuin diabisin di Primark, dan jam segitu London macet! Omaigod.
Sampe di flatnya Jani tetep blm ada orang, langsung siap siap sama packing, sama bikin sup yang kemaren dibeli di Tesco, edan sup tomat teh beneran tomat di sup rasanya! Tiba tiba Lina, temennya Jani yg katanya orang Portugal itu dateng, dan setelah beberapa lama kita baru sadar kalo dia sakit, sumpah itu ngeri bgt soalnya dia jalan ke dapur udah kayak mau jatoh dan linglung bgt, akhirnya dia minta ambilin makanan ama minum ama kita. Setelah dipastiin dia dapet makan minum ama nggak perlu ditelfonin orang, baru kita buru buru cabut ke Victoria, maapkan kami Lina! Bus ke brussel mahal! Hehe..

Sabtu, 23 April 2011

Day 06. Edinburgh.

At McD St.Andrews. 3.46 pm.
Pagi-pagi tadi bangun langsung ke dapur, ngopi ama litya, sambil wi fi an sebentar, packing, terus check out dari Royal Mile Backpackers, tapi tetep nitip rucksack soalnya kita malem bgt baru naek bus ke london. Diluar ternyata abis ujan.. Dan masi sedikit rintik rintik.. Kita jalan ke arah bawah Royal Mile masuk museum sama nyari postcard dll.

Museum of Childhood.
Tempatnya pas bgt di depan hotel, tinggal nyebrang, masuk masuk disuguhin souvenir lucu lucu, emang UK tukang rampookk! Akhirnya yaaaa lagi lagi cuma beli postcard, dan pensil kali ini. Didalemnya bagussss banyak banget mainan anak anak mulai dari boneka, board game, outdoor game, dan macem macem! Bahkan sampe ke merek" diapers jaman dulu ada disitu. Banyak diorama jg tentang anak anak di Scotland, lumayan serem, hehe ditambah sound anak anak lagi pada maen, mendukung pisssan. Si museum dari luar emg keliatan kecil kayak satu ruko doang, tapi ternyata dalemnya gede dan belok belok, kayanya begini emg tipikal rumah rumah disini. Overall, bagus!

 
Museum of Edinburgh.
Isinya, kayak museum biasa sih, sejarah tentang edinburgh, lumayan komplit juga, dari mulai kotanya, orang orangnya, peninggalan sejarah, keramik, perhiasan, barang" kerajaan, dll. Yang menarik dan pengen punya adalah bagian badge badge kerajaan dan polisi yang baguusss bgt. Kalo perhatiin yah, si museum di edinburgh hampir selalu punya activity room, disini ada kostum org Edinburgh yang bisa dipake buat foto, nggak akan kelewat ama kita, hehe.










The People's Story Museum.
Isinya tentang orang orang dan kegiatannya di Edinburgh. Kebanyakan diorama, sampe ada diorama penjara berikut tahanannya, tukang cuci, tukang bersih-bersih, pengemis, tukang binding buku, percetakan, dll. Yang bagian percetakan kereeeeen.. Banyak plat plat cetak gt, berikut hasil cetakannya. Oh ada satu display yang isinya tentang roti disini dari jaman dulu, berikut packagingnya. Gila, dari jaman kapan udah keren.

 

Lanjut jalan lagi, balik ke arah atas Royal Mile, si Royal Mile ini, ternyata jalan yang dulu saya denger ngebelah dua Edinburgh, daaann di dua ujungnya ada kastil! Keren abis. Nah karna kastil yang bawah kayanya masi jauh, jadi kita ke Edinburgh Castle yang di bagian utara. Rame ternyata yang jalan ke atas, karna hari sabtu juga kali ya. Sampe atas, ternyata walaupun gerimis cuaca lebih bagus dr kemaren, at least ga berkabut, jadi keliatan deh Edinburgh dari atas.. Foto foto dikit, trs ke pintu kastil, eh ternyata masuknya bayar £14, mati aja. Kemon deh turun. Oya, dari atas ternyata keliatan laut, baru inget kalo Edinburgh dipinggir laut, sayang, bagus dimata hilang dikamera!

 
 
















Camera Obscura.
Semacam Museum gt, dideket Edinburgh Castle. Masuk shopnya dannnnnn ngerasa kerampok lagi! Gilaaaaa banyak barang kecil kecil yang gatel pengen dibeli! Banyak mainan ilusi mata gt, sialan. Akhirnya bela belain beli mainan kayak teropong kecil yg cuma 99pence ama pensil. Hahaha. Terus bayarnya pake receh sampe 20 koin ada kali. Heeeeeeee. Ini hasil si mainan, rada rada kayak kaledoiskop gt....

















Masih gerimis, tas udah lumayan basah juga ini makannya neduh sambil minum kopi di McD.

At Royal Mile Backpackers. 08.21 pm.
Lagi makan nasi hasil microve an, di dapur sambil nunggu waktu yg pas buat brangkat ke terminal bus. Diluar masi terang, tadi sebelum sampe kesini sempet muter" Edinburgh untuk terakhir kalinya, cuacanya passss! Matahari sorenya bagus bgt! Perfect, disini ketemu kabut, ujan, dan matahari bagusss.. Btw ada toko buku murah bikin bangkrut di princess street, namanya The Works. Masa Footprint bisa cuma £2!

On Megabus to London. 10.58 pm.
Abis nginjek Scotland, ternyata emang kerasa bgt mereka ini kepisah ama England. Disini kesannya bangga bgt kalo mereka itu emg Scotland, bukan England. Bendera dimana mana, kilt dimana mana, bahkan si motif kotak kotak itu sampe jadi bahan jok bus kota nya. Hahah. Oya dan Scotland punya uang kertas sendiri, tetep sama poundsterling, tapi Scotland money. yang bikin keren dari Glasgow dan Edinburgh adalah arsitekturnya.. Kerennnn! Gedung gedungnya masih belum kesentuh modern"an gt, masi asli.. Secara keseluhan, Scotland keren bangeeeet! I'm in looove with Scotland, really, someday we will come back again!
Goodbye Edinburgh :D

Jumat, 22 April 2011

Day 05. Glasgow. Edinburgh.

On Megabus to Glasgow. 06:10am.
Sepanjang jalan semalem saya kebangun sering banget, rasanya sayang banget gitu jauh-jauh jalan tapi tidur. Hehe. Kalo nggak mimpi sih semalem kayaknya lewat Manchester, cieeee keren banget kayaknya hahhaha.
Nah pagi ini saya kebangun lagi, masih di bus dan kayaknya udah di Scotland. Litya masih tidur, dan saya bersyukur saya kebangun karna pemandangannya baguuuuuussss banget. Ah ini masi kayak mimpi. Di kanan matahari mulai terbit, kabut tebel, saya liat jarak pandang supir juga sempit, dan tampaknya ini semacam jalan tol gitu, atauuu jalan antar kota aja tapi muluus. Di sebelah kiri, ini pemandangan yang biasanya cuma saya liat di film, atau di ilustrasi buku gitu versi item putih nya. Bener adanya. Sepanjang jalan hamparan bukit-bukit kecil penuh rumput, bunga sesekali, dan pohon di beberapa titik. Terus sekali-kali keliatan rumah, plus jalan kecil menuju rumahnya, rumah yang keliatannya ada peternakan kecil di sekelilingnya gituuu. Huhuuuuu ini foto banget. Bagus bangeetttt... Pengen nangis. Sayang kamera saya nggak canggih buat moto pas gerak. Suhu diluar 1 derajat bok.



Sekarang saya mau cerita dulu kenapa akhirnya saya dan Litya bisa ke Glasgow. Awalnya sih yang pasti di UK kita harus ke London, tapi secara ada jatah waktu beberapa hari, jadi masih bisa nyelipin waktu ke kota lain, yang saya lirik Edinburgh. Tapiiii berkat rajin nyari tiket murah pake Megabus, bus murah gitu buat antarkota di UK, suatu hari saya liat tiket London-Glasgow cuma 1 Pound, iya promo, sampe nggak percaya ngeliatnya juga. London-Glasgow itu perjalanan kira-kira 9 jam, berangkat malem nyampe pagi. Terus setelah diliat liat Glasgow-Edinburgh cuma kira-kira sejam, dan banyak bus kesana. Tiket balik dari Edinburgh ke London besoknya juga murahhhh. Jadi aja nambah berenti di Glasgow! yay! Selamat datang di perjalanan 1 Poundsterling! :D

Buchanan Bus Station.
Stasiun bus nya Glasgow, nyampe disini dingin bangetttt, tapi udah naik jadi 4 derajat. Masih pagi dan penuh kabut. Sampe di stasiun saya ama Litya duduk-duduk bentar ngeregangin badan, terus ke toilet cuci muka sama gosok gigi. Hidup traveler banget yah yah. Terus untungnya di stasiun dan penitipan barang yang baguuus, jadi backpack kita titipin di stasiun, secara jam 2 udah harus kesini lagi buat berangkat ke Edinburgh.


 

In front of Buchanan Bus Station. 08:21 am.
Keluar stasiun kita duduk-duduk dulu di bench panjang gitu, nikmatin kota, nikmatin udara dingin. Ini baru diluar negriiiiiiiii, di London belum kerasaaa. Baru di depan stasiun aja udah ngerasa Glasgow bagus bangettt, penuh bangunan tua. Tampaknya Scotland banget. Di depan kita ada gedung gede yang udh lumayan moderen, Glasgow Royal Concert Hall.


 

mari mulai jalan jalan..






















Tapiiii, ups, ketemu Starbucks. Dingin, ngopi, plus nge-charge tampaknya enaaaak hehe. Ditambah sekalian nyari mug kecil Starbucks koleksinya Litya, dan ada dong, versi Scotland sama Edinburgh tapi, yang Glasgow ngga ada.

Mari jalan-jalan lagi..


 

 

 

St. George Square.
Look how beautiful.


 
 

Lanjut..


 


 

The Lighthouse.
Tiba-tiba di jalan kecil nemu ini, ternyata design & architecture centre gitu. Terus naik ke Mackintosh Tower yang ada di dalemnya, Glasgow from the top!



 

 

Gallery of Modern Art.



 

lanjut...
ini suara bagpipes pertama yang saya denger..



 





















Bye bye for now Glasgow, let's move to Edinburgh!

At Royal Mile Backpacker's. 3:30 pm.
Edinburgh tampaknya sama bagusnyaaaa, masih didominasi sama gedung-gedung tua. Berkabut sekarang, senduuu banget kotanya, entah karna cuacanya emang semi hujan rintik-rintik atau emang begini. Tadi saya jalan kaki dari stasiun sama Litya, mayan jauh juga, tapi gampang banget ditemuin hostelnya. Begitu masuk langsung disambut ramah sama mbak-mbak resepsionisnya. Hotelnya lucuuuukkkk. Beberes badan sama barang sebentar, saya langsung keluar lagi pengen jalan liat-liat kota, Litya katanya mau tidur dulu sebentar, nanti jam 5 saya balik ke hostel lagi.

 

 

 

 

 

 

 


 


















Royal Mile/ High Street.
Royal Mile ini jalan yang tampaknya ngebelah Edinburgh. Terkenal banget, pusat turis juga kayaknya, setengah bagian jalan ini cuma buat pejalan kaki. Jadi banyak banget yang bikin atraksi di tengah jalan, ngamen berbagai cara. Sore ini walaupun sendu tapi rame banget jalan ini. Hostel tempat saya nginep, jendela di kamarnya langsung ke Royal Mile, recommended banget. Hampir semua foto yang saya ambil cuma disepanjang jalan ini. Jalannya miring, sebelah bawah saya nggak tau berujung dimana, tapi sebelah atasnyaaaa, nggak sadar aja dong tiba-tiba udah sampai di ujung paling atas dan itu ternyata Edinburgh Castle. Kewl.














 

Outside Edinburgh Castle.