Visa.

4:36 PM

Ngurus visa ternyata bikin stres juga. Yep, saya butuh visa buat keliling dunia! haha. Nah mungkin kalau saya kaya dan punya duit berlimpah bakal gampang, tinggal pesen pesawat dan hotel penuh selama perjalanan, trs apply deh, kalo ditolak tinggal apply lagi deh. Kan banyak duiiitttt...

Nah buat org org kere yang bernafsu buat jalan kayak saya dan Litya, lumayan ribet jadinya. Eh btw perjalanan kali ini emang saya bedua sama litya, setelah yuri memutuskan nggak jadi ikut gara-gara ternyata duitnya nggak cukup. Aduh yuri, nanti kita pasti kesampean jalan bareeeeng!

Jadi buat apply visa kita butuh:

- pas foto, yang udah ada aturannya buat apply visa.
- passport, tentunya. Yang masih valid sampe 6 bulan setelah pulang dr si perjalanan, dan fotokopinya tentu.
- akte kelahiran, yang sempet saya cari cari dan akhirnya ketemu.
- kartu keluarga.
- saldo yang cukup di rekening, yang bisa pake rekening orang tua dan ini fungsinya kartu keluarga.
- surat pernyataan tanggungan dari orang tua, ini kalo rekeningnya atas nama org tua.
- form visa yang susah diisi dari negara yang dituju, dannnnnn negara yang saya tuju punya form sampe 10 halaman!
- invitation letter dari orang yang ada di negara sono, yang mau diinepin. si invitation letter ini lumayan ribet ngurusnya, si pengundang harus nyertain identitas dia, alamat, berikut slip rekening dan gaji yang mencukupi, identitas yang diundang, ngisi form pengundang, dan diurus dan di cap sama walikota sana, dan ngirim si surat ke Indonesia. lumayan kan?
- itenary lengkap dari pergi sampai pulang. Nahhhhh ini yang bikin pusiiiiing. sementara saya dan litya punya budget pas-pasan atau malah masih kurang, kita nggak bisa sembarangan booking tiket dan hotel yang banyak itu, karna promo promo an belum tentu udah ada sekarang. sementara kedutaaaaannn.... harus mastiin kalo kita udah punya semuanya, biar mereka yakin kita nggak ngegembel di negara mereka, dan bisa balik ke Indonesia tanpa kurang duit. Eek.

Nah, saya butuh dua visa, dan dua-duanya belum di apply, padahal perjalanannya kurang dari dua bulan lagiiiiii.... damn.

Please promooo... come to us!

You Might Also Like

0 comments