Enlightening Parenting: The Importance of Outdoor Playing, with Edith van Der Meer.

6:12 AM

Jadi kemaren ngedengerin seminar kecil gitu di Jejakecil, acaranya Jejakecil sama Jagad Alit. Edith ini tampaknya ngedalamin early education di New Zealand, praktisi juga, pahamnya lebih ke Waldorf. Sepanjang yang saya tangkep (dan baca di beberapa sumber) paham Waldorf ini sangat mengedepankan common sense anak, lebih deket ke alam, dan 'no instructions' untuk stage pertama (1-7 tahun). Bagus banget pahamnya, harus belajar lebih banyaaaakk.














Ngedengerin Edith ngomong kemaren ngingetin saya beberapa hal, salah satunya adalah harus lebih sering main diluar! yang kadang nggak bisa gitu terus ya karna kita orang tua juga punya seabrek kerjaan. Tapi mungkin yaaaa, harus lebih diusahakan!

Terus yang paling saya inget lagi adalah "Boredom = new ideas comes" Jadi bikin anak-anak ada di kondisi bosen. Bosen karna ibu atau ayahnya lagi 'sibuk' ngerjain sesuatu, kalo contohnya sih kayak sibuk berkebun, atau nyeterika. Nah si anak akan cepet bosen dan nyari ide sendiri buat main. Karna anak itu emang udah nalurinya main terus :)



You Might Also Like

0 comments