Food Prep.

Belakangan, lagi rajin food prepping, kenapa?



Pertama karna lagi mencoba makan 'real food' lebih banyak. Ngurangin gofood, ngurangin beli makanan diluar yang nggak tau bahannya dari mana dan apa aja isinya. Jadi ya mau nggak mau harus lebih sering masak sendiri. Walopun banyak bahan dari pasar yang nggak tau juga ya kualitasnya seperti apa. Tapi ya, saya tetep cinta sama pasar tradisional! at least lebih oke dibanding beli di supermarket, dari segi harga apalagi ya! Hehe.


Kedua, udah berbulan-bulan belakangan ini dapet langganan 'warung' yang bisa diantar ke rumah. Jadi malemnya tinggal watsap mau apa, besok paginya dianter ke depan pintu! Voila! Ibuk bebas nggak perlu ke pasar sendiri hahha. enak kannnn. Namanya Waroeng Mitoha (cek IG: @waroengmitoha kalau berminat :P), konsepnya sederhana, mereka bisnis jasa nganter sayur, buah, daging, ikan, dll dari pasar, ke pembeli. Yang paling oke, ikan, daging, ayam, sampai ke rumah udah dibersihiiiin! Astaga kurang apalagi cobaaa, makannya saya ketagihan. Motong satu jalur kerjaan saya sebagai ibu-ibu rumah tangga yang pemalas ke pasar. Hehe..


Ketiga, food prep ini buat saya mempersingkat waktu banget, dan meminimalisir bahan makanan kebuang. Dulu kalo beli buah, pasti yang akhir akhir antara busuk atau kematengan. Beli daun bawang juga gitu, kebanyakan kebuang karna layu, sementara hampir tiap hari sebenernya butuh daun bawang. Tapi karna saya nggak pinter ngitung-ngitung bahan makanan, beli berapaaa kepake nya berapaaa, jadi selalu aja berakhir layu dan.. kebuang. Lagi.


Jadi sampai saat ini, metoda begini cocok banget buat saya.



Kira-kira begini lah hasil food prep saya kemaren. Bahan makanan datang, langsung diproses kayak gini. Ini yang sesuai kebutuhan di dapur saya yaaa, karna tiap dapur kan beda-beda lagi ya cara nya. Pokoknya buat saya intinya adalah gimana cara mempersingkat waktu masak dan bahan makanan nggak banyak yang kebuang.


Detail nya seperti ini:

+ Strawberry dua wadah kecil, masuk freezer, untuk besok-besok dibikin smoothies (biasanya saya tambah pisang juga di wadah yang sama, tapi sekarang lagi nggak punya pisang). Ukuran wadahnya di pas in buat satu kali bikin smoothies ya, supaya yang dikeluarin dari freezer nantinya langsung diolah dan dimakan.
+ Strawberry satu wadah kecil, taro di kulkas bawah, buat dicemil beberapa hari aja.
+ Strawberry satu wadah besar, taro dikulkas bawah. Untuk dibikin selai strawberry homemade (si Dantra suka banget soalnya). Kalau nggak sempet dibikin hari itu juga, bisa buat dibikin selai besokannya.
+ Tomat Cherry dua wadah kecil, taro di kulkas bawah, buat dicemil dan masuk ke salad.
+ Daun Bawang, masuk freezer, daun bawang ini biasanya saya potong beda ukuran, sesuai kebutuhan masak saya (kadang butuh yang potong kasar gede-gede, kadang butuh yang rada kecil). Nah ini kepake banget karna hampir setiap masak saya pake daun bawang. Kalo mau dipake, dikeluarin beberapa detik aja, digraup sesuai kebutuhan, langsung masuk ke panci/penggorengan! Tadaaaa, nggak pake acara motong dan bersiin lagi setiap masak :P
+ Paprika dua wadah kecil, masuk freezer. Sama aja ini makenya kayak daun bawang diatas.
+ Selada dan Lolo Rosa, masuk kulkas bawah. Jangan dicuci dulu, cucinya pas mau dimakan aja (soalnya bakteri cepet banget berkembang ketika ada air).
+ Cabe Merah Keriting, masuk kulkas bawah. Yang ini saya beginiin cuma karna nggak bisa langsung masak sambalado. Kalo lagi sempet, langsung aja dibikin sambalado (sambel goreng). Begitu jadi, tinggal dipisah ke wadah kecil-kecil sesuai kebutuhan sekali atau dua kali makan. Berguna banget disaat dikulkas adanya cuma telor atau tahu. Tinggal bikin tahu balado atau telor balado! Hehhee.. padang bangetts.

 


Alasan keempat adalah yang begini ini lucu kalo difoto. Hahhahaha.

Ya, biar ibuk senang ya nggakk?! :)) 


Adakah yang seneng foodprep juga? pengen liaaaatttt....


2 komentar

fanie mengatakan...

Saya follower dari IG dan sukaaaaaa banget liat foodprepnya. saya mau malah nanya2 nih mbak, hehe..sebenernya dari dulu udah nyoba ngrapiin belanjaan mingguan. kayak wortel udah saya potong sesuai kebutuhan, bayam udah dipetik dll. begitupun daging2an juga saya potong per porsi masak sebelum dibekuin biar nggak bolak-balik turun freezer. dan itupun ilmunya dari mengelola ASIP :D. cuma saya nggak tau bener/tidaknya yang saya lakuin. kayak ayam/daging, ikan, sayur, apa harus dicuci dulu atau enggak. trus kenapa daun bawang di freezer dsb. Mohon pencerahan dong mbak...makasih sebelumnya

Miun mengatakan...

Halo Mba Fanie.. sebenernya sama mbaaa, akupun masi belajar, hehe. jadi paling aku usahain banyak referensi aja soal bener atau engga nya. Buat minimalisir sayuran atau buah yang ngga tahan biasanya aku plot buat konsumsi duluan aja, yang tahan tahan belakangan.. Kalo setau aku, daun bawang ngga masalah di freezer asal tempatnya tertutup rapat. Nah kalo buah atau daging gt yang ngga masuk freezer kenapa ngga dicuci dulu, karna setau aku, air teh merangsang bakteri tumbuh lebih cepat... makannya diminimalisir, cuci sebelum masak aja. Tapi mbaa... lagi lagi.. rajin cari referensi aja ya mba, kali-kali ada cara yang lebih bener dan lebih cocok buat masing masing dapur.. hehe, thanks anyway mba!