Bisnis sambil ngurus anak, atau ngurus anak sambil bisnis?

Sebenernya nulis ini akibat dari baca postingan blognya Puty yang ini. Sedikit banyak beberapa pikirannya Puty lumayan mirip sama saya.

Jadi gini kalo kasusnya di kehidupan saya. 

Saya mulai bisnis (atau dagang yaaaaa) setelah punya anak, pas Dantraboy umur beberapa bulan aja. Di masa-masa mulai bosen terlalu banyak waktu dirumah, nggak bisa kesana kemari karna harus ngurus anak. Kepikiran lah pengen ngelakuin sesuatu yang bisa dilakuin sambil ngurus anak. Saya sadar kok ngurus anak mah udah tugas, tapi biasa lahhh ibu-ibu baru, tadinya ngurusin badan sendiri doang tau tau harus ngurusin orok yang ngga bisa diajak ngobrol. Hehe..

Jadi pada awalnya, dagang itu disela-sela waktu ngurus anak aja maksudnya. Sekalian karna harus dirumah juga. Pluuus, jadi punya uang jajan sendiri, walopun dikit-dikit :P Belanja juga antara sambil gendong-gendong bayi skalian jalan-jalan, atau pas dapet waktu me time dari suami. Semuanya disambil aja. Toh saya juga seneng dagang.






Well, 3 tahunan berlalu ternyata alhamdulillah saya masih menjalankan bisnis yang sama hahhaha. Silakan yaaa cek instagram @kotakmainmainan kali aja nyangkut :P Ya alhamdulillah ternyata apresiasi orang lumayan bagus, jadi berkembanglah si bisnis ini. 

Dari mulai barang satu kardus, jadi satu lemari, abis itu jadi satu kamar. Dari awalnya ngerjain semua sendiri malem-malem, sampai sekarang bisa punya pegawai. Dari make kamar dirumah doang, sampe sekarang bisa nyewa kantor. Alhamdulillah bangett sebenernya.



Seiring berjalannya waktu, kan saya jadi sering nyari info, curhat, brainstorming, ya tentang bisnis. Karna beneran awam banget. Mulai dari gimana caranya bertahan, pasang target, naikin omset, ngiklan, ngebaca pasar, dll. Jadi beneran lah harus belajar bisnis. Karna setelah 3 tahun disitu ternyata saya ngerasa harus naik level. Naik level ini yang ternyata serius.

Karena awalnya emang ibu-ibu bisnis yang disambil-sambil aja, jadinya belakangan harus mikir, ini mau dilanjut atau engga? Karna kalau dilanjut dengan level yang sama selama bertahun-tahun kok jadi nya malah nyangkut aja disitu. Saya putusin buat lanjut dan (mencoba) naikin level.


Terkadang, ketika diskusi sama temen atau suami, ngeluh ini itu tentang 'gimana yaaa cara naikin omset' atau 'kok bulan ini turun banget yaa' dll, suka disaranin ini itu buat menjawab pertanyaan atau keluhan saya.

Tapi yang saya inget, balesan dari saya seringkali: 'duhh nggak sempet kalo bikin itu mah', atau 'nggak kepegang euy kalo tiap hari harus blabla', 'harus bolak balik anter jemput sekolah euy jadi baru bisa gerak lagi sorean'.. 

Anak yang jadi alesan. 


Somehow, alesan ini keluar berkali-kali. Yang bikin orang lain mungkin kesel nyaranin ini itu, tapi selalu alesannya: ngga sempet karna harus ngurus anak. Kalo udah gini saya jadi suka misah misuh sendiri. Pengen mencapai ini itu (di bisnis), tapi kok terbatas banget waktunya. Atauuu... karna saya terlalu males? Hehe..


Nah balik lagi ke issue awal. Jadi Going Big, or Taking It Slow?


...


Akhirnya setelah sekian lama dan sekian perdebatan dalam hati dan luar hati, hehe, saya putuskan untuk berdamai dengan kondisi ini. Yhaaa balik lagi ke prioritas yang paling atas: ngurus anak deh kayaknya. Cari ilmu mungkin ya jangan di stop, cari aja sebanyak-banyaknya, tapi apa yang diterapin ke bisnis saya emang harus dipertimbangkan mana yang cocok dan mana yang engga. Termasuk mempertimbangkan keadaan saya yang harus sambil ngurus anak misalnya.


Soalnya kalo dipikir-pikir, saya masi tetep pengen nganter jemput anak saya sekolah, saya atau suami ya bisa tag team. Maksudnya bukan support system lain kayak pembantu atau supir (lah emang punya :P). Ngeliat muka dia keluar pintu sekolahan dengan segudang cerita, that will happen only once right?

Walopun konsekuensinya cuma punya waktu pagi 2 jam, diatara waktu anter dan jemput. Yang itupun harus dibagi antara ngurus bisnis, belanja barang dagangan, me time ngopi ngopi, atau ngurus yang lain lagi. That's life lah yaaa hahaha..

Bisnis tetep diurus sebisa mungkin, semaksimal mungkin. Belajar maksimalin waktu lebih bagus lagi, atau ngurangin waktu yang selama ini terbuang percuma. Tapi harus diinget bahwa laju bisnisnya mungkin bisa jauh berbeda sama temen-temen yang ngurusin bisnisnya 9 to 5. 


:)

Tidak ada komentar