Puspa Iptek Sundial, Kota Baru Parahyangan.

Beberapa hari yang lalu, akhirnya berkunjung ke Puspa Iptek Sundial, Kota Baru Parahyangan. Udah dari dulu pengen nyoba kesini tapi akhirnya baru kesampean sekarang. Kebetulan lagi males jalan-jalan ke tengah kota karna males macet, jadi deh masuk tol, ke Kota Baru.


Buat yang selama ini bingung parkir dimana, ternyata parkiran Sundial ini barengan sama parkiran Giant, yang letaknya arah ke gerbang utama Kota Baru Parahyangan. Dari parkiran, ada jalan kecil buat langsung nyebrang ke Sundial. Ada satpam yang ngebantu nyebrang jalan karena memang agak susah nyebrangnya.



 


Kita sampe di lokasi sekitar jam 3 sore, kalo menurut informasi, tutupnya jam setengah 5 sore jadi rasanya masih aman. Tiket masuknya ternyata Rp.22.000,- per orang, bayi nggak diitung.



Begitu masuk langsung disuguhi lorong yang berisi macem-macem alat peraga. Lorongnya melingkar kayak gedungnya. Dantraboy langsung lari-lari pindah dari satu alat ke alat yang lainnya. Alat peraganya rata-rata lumayan besar dan berjarak beberapa meter antara satu sama lain.

 

 


Di tengah gedung ada satu ruangan melingkar yang terdiri dari dua lantai, dan sedikit lantai tambahan buat kita ngeliat sundial dari atas.





 





Jadi reviewnya gimana?
Well, menurut saya, sebenernya sayaaaaaaaang banget Sundial ini begini keadaannya. Karena sebenernya tema nya menarik banget, sains, dari anak kecil sampe orang dewasa juga bakal seneng. Asaaaaal... di aplikasikan dengan baik, dan well designed. Nah bagian well designed ini yang kurang banget.

Jadi begitu masuk, lorong gedungnya itu lumayan gelap, dan nggak cantik gitu. Kayak bangunan nggak dirapiin aja, jadi kayak masuk gudang. Beberapa spot sebenernya ada cahaya lampu yang lumayan, dan ada AC juga yang baru kerasa kalo udah pas di depan AC nya hahha. Tapi karna saya orang desain jadi mikirnya ini gedung sayang banget nggak bisa manfaatin cahaya matahari yang melipah padahal sekelilingnya nggak ada apa-apa.

Alat peraganya juga sayaaaang deh, agak terlalu massive dan pake material yang nggak ramah anak. Bagaikan mesin yang nggak didesain casingnya, begitulah. Jadi banyak banget besi-besi polos yang kurang menarik buat diliat. Padahal konsep sains nya menarik-menarik bangett. Cuma sayang ya gitu, alat peraganya nggak kayak 'produk' jadi.

Ada beberapa fasilitas yang disebutin di pintu masuk, ternyata nggak ada. Nggak tau udah tutup atau emang ada hari-hari tertentu bukanya.

Sebelum pintu keluar, kita ngelewatin toko souvenir nya dulu. Sebagai anak souvenir Pasar Seni tentunya lagi-lagi mendidih darah souvenirkuuuu. Hahhaha. Yah bisa lah sini saya desainin konsep souvenir dan souvenir storenya :P


Tapi sebenernya,
Lumayan lah daripada nggak ada atau nggak pernah, boleh juga kok ini buat dikunjungi, apalagi buat anak-anak usia TK keatas yaaa lumayan banyak pengetahuan baru jadinya.

Ciao.

1 komentar

Anonim mengatakan...


Lihat fotonya seru banget .. lewat PPKM bisa
jadi lsit pergi nih moms

https://bit.ly/2YKQOaX