Kemping Ranca Upas (di Masa Pandemi) Part 6.

Bulan keempat di rumah aja, akhirnya dapet info Ranca Upas buka lagi. Selama pandemi ternyata mereka tutup. Pengen banget kabur kemping ke gunung, bosen dirumah aja. Setelah buka, masi maju mundur juga tuh mau pergi, karna ngeliat tempat wisata yang lain-lain begitu buka malah membludak yang dateng. Hahah. Kabarnya Ranca Upas juga gitu, sempet nge DM beberapa orang yang udah kesana duluan.

Tapi setelah sekian minggu buka akhirnya kita beranikan pergi. Dengan wanti-wanti dulu ke Dantra, kalau kemping kita nggak kayak biasanya. Pertama, sampe disana belum tentu kita jadi kemping, kalau ternyata anak-anak nggak bisa masuk, berarti nggak bisa. Kedua, kalau terlalu rame, kita harus batal kemping. Berenang saa liat rusa udah fix nggak boleh. Dantra udah setuju itu sebelum pergi. Jadi berangkatlah dadakan kita sabtu pagi. Emang kalo kemping biasanya juga dadakan sih, kalo direncanain malah suka nggak jadi. 

Di jalan, gelagatnya kayaknya bakal rame sih, soalnya jalanan rame aja gitu. Sampe gerbang Ranca Upas, ngantri mobil mau masuk. Jeng jeeeeeeng. Tapi masuk juga akhirnya, liat keadaan dulu. Begitu masuk area parkiran dan kemping, ternyata rame bangeeeetttt. wkw. Berkali-kali kesini, malah ini hari paling rame yang kita temuin! gilaaaa... kayak nggak ada corona.

Akhirnya tetep turun, masker terpasang, barang-barang nggak kita bawa, nyoba cari tempat-tempat kemping bagian belakang.


Jadi pernah dulu, kita trekking agak kebelakang-belakang, nemu tempat yang bagus banget, jarang banget yang kemping disana. Tapi karna emang lumayan jauh dari toilet kita nggak pernah milih disana. Kali ini kayaknya patut dicoba, karna nggak mungkin banget kalo kemping di tempat biasa, di bagian depan.

Dan ternyataaa...

Sepi! Yassss.... cuma ada 3 kelompok tenda yang udah berdiri dan keliatannya pada slow-slow disini. Jadi, kalau lagi nggak beruntung, di Ranca Upas tuh bisa aja tiba tiba dateng orang lain, bangun tenda deket kita, angkut angkut sound system (iya sound sistem kayak kawinan!), terus dangdutan sampe pagi, belum lagi kalo bawa toa. Udah deh rusak suasana kalo nemu yang gitu. Nah tadi itu bagian depan rame sama kelompok orang kayak gitu, rame, ada toa, dan ada musik musik nggak jelas padahal masih siang. Nah di tempat yang di dalem ini, suara dari luar lumayan kedap, karna buat kesini kita emang harus ngelewatin semak semak tinggi dulu lumayan panjang, baru deh tiba-tiba ada tempat terbuka yang lumayan luas. Dikelilingin pohon-pohon juga kali ya jadi cenderung kedap.



Akhirnya kita putusin tetep kemping dan bangun tenda disini.
Kijing sama Dantra balik ke mobil buat angkut-angkut barang. Sayah sama Lintang nungguin bedua nge-tag tempat.

Hari ini itu kemping pertama buat Lintang, terakhir kita kemping dia masih didalem perut umur 5 bulan. Heheh. jadi percobaan pertama, moga-moga aman. Bekelnya, baju yang anget-anget, makanan dan cemilan, terus minyak kutus-kutus. Hehhehe.

Foto captured by Dantraboy.

Selama bangun tenda, anak-anak ternyata maen aja gitu bedua. Jadi nggak perlu dijagain banget. Lintang sibuk sama kursi kemping (yang baru dia liat), main sendal, main rumput, kadang main sama Dantra keketawaan. Lama-lama dia berani jalan-jalan di rumput nggak mau pake sendal, padahal rumputnya nggak rata dan rada tajem-tajem, tapi cuek aja dia haha.



Selama main, sumpel terus sama roti biar perutnya nggak pada kosong. Soalnya udara dingin dan angin lumayan kenceng.



Anehnya, hari ini tuh hari paling rame di Ranca Upas. Tapi justru ini lapak paling gede yang pernah kita dapet disini... alhamdulillah nggak jadi balik ke Bandung :D Satu-satunya interaksi sama orang lain kayaknya cuma kalo harus ke toilet deh.

By the way, walaupun lumayan jauh dari toilet, tapi di jalan masuk ke area ini tuh ngelewatin sungai kecil dulu, lumayan deket sama tenda. Jadi lumayan, bisa buat bebersih dan cuci piring. Atau mandi di sungai :D



Sorean, setelah beres-beres tenda dan leyeh leyeh sedikit, Kijing sama Dantra mulai bikin api unggun, soalnya udah mulai tambah dingin dan mulai gelap. Yaaaang, berakhir bikin aral kijing karna apinya nggak nyala-nyala hahhaha, lama banget. Kayunya basah ternyata.




Sementara adek tetep bolak balik bolak balik sambil ganyem. Nggak lama dia tidur dulu sebelum magrib.

 

Karna toilet rada jauh, jadi sekitar magrib sayah sama Dantra ke toilet dulu, agak kemaleman sebenernya karna pas perjalanan balik udah lumayan gelap, sementara harus lewat semak tinggi lumayan panjang berdua. Tapi ternyata Dantraboy hepi aja, bagoooos.

Satu lagi yang agak kelewatan hari ini adalah masak sebelum gelap, karna udah keburu riweuh ngurus anak-anak dan bikin api jadi lupa deh hehe. Baru sempet rebus ubi ungu aja sebelum gelap, lumayan buat ganjel-ganjel perut. Dantra ikutan tidur juga akhirnya. Saatnya bikin indomie telor. Hehhee


Jam 9-10 an anak-anak pada bangun. Diluar udah dingin bangett. Di tenda juga dingin. Sebenernya seminggu terakhir ini di Bandung pun dingin banget, jadi apalagi di Ranca Upas yaaaaaa. Yang lumayan menyelamatkan malam malem ternyata gara-gara bawa daging giling yang udah mateng dan dibumbuin, tinggal dioseng sebentar sama nasi yang sempet kita beli dijalan, ceplokin telor, tabur keju yang juga bawa udah diparut. Besok besok harus dibawa lagi nih yang beginian. Gampang masaknya.

So far, tetangga-tetangga malam ini beneran oke. Tenda yang paling deket kayaknya anak-anak kuliahan dari Jakarta, ada sekitar 4 tenda kayaknya. Muter musik, main gitar, tapi playlistnya hampir semua masuk ke kita. Jadul. Hahhaha. Lumayan jadi ngga usah ngabisin batre muter spotify sendiri. Karna jauh dari keramaian juga jadi agak susah nih nge-charge hp, dan kita nggak punya powerbank. Jadi seadanya batre aja.

Sekitar jam 12 kita udah di dalem tenda semua soalnya diluar dingin banget, siap-siap tidur juga. Teruuuss, Lintang mulai hak hek, ga mau nenen gamau digendong. Youtube to the rescue haha. Untung masi ada sisa batre. Nggak berapa lama dia ngeden, boker sodara-sodaraaaaaa. Bau banget ngekep di dalam tenda :D Sakit perut kayaknya soalnya sebelumnya ujung kaki sama tangannya lumayan dingin. Akhirnya dicebok pake tisu basah aja sampe bersih, soalnya udah nggak kuat keluar tenda dingin banget. Kasian juga Lintang, dan kitanya. Hahhaha. Abis itu aman tidur sampe pagi semua.

---


Pagi di Ranca Upas tuh selalu bagus. Syahdu. Ceile. Pas matahari mulai terbit, tapi masih dingiiiin banget. Apalagi badan baru bangun tidur jadi kerasa banget dinginnya. Jam 7-8 an baru deh mulai anget karna matahari nya udah terik, sampe ke tenda. Nah ini enak kalo anak-anak bangun jam segini, udah bisa main diluar. Tapi ternyata anak-anak masi enak tidur. Jadi pacaran dulu sambil ngopi setitik abis nyalain api.
Menikmati space kemping kita yang lega banget kali ini. Heheh.




Bangun-bangun keluar tenda tadi pagi tuh baru sadar kalo diluar berantakan banget. Hahhaha. Nggak sempet beberes, maklum bawa bayi sama anak-anak. Baru keliatan pabalataknya pas pagi udah terang.


Captured by Kijing





Agak siangan sempet ke mobil dulu sama Dantra, sekalian nge-charge sebentar. Di depan bener-bener rameee. Gila pada mau kemping serame itu, nggak ada corona aja kita males kalo serapet itu dehhh.


Biasanya pagi ke siang sebelum pulang, ritualnya tuh berenang dan ke kandang rusa. Tapi karna keadaan kayak gini ramenya, udah deal sama Dantra kalo kita nggak akan kesana. Jadi dia minta jalan-jalan ke hutan sama Kijing. Di deket sini ada kebun kopi juga lumayan bisa buat jalan-jalan, normalnya sepi jarang ada orang. Dantra dan Kijing jalan-jalan, sayah beberes sambil masak, biar mereka balik langsung ada makanan. Sekitar jam 1 an kita baru beberes tenda dan balik, sampai diluar aneh banget udah kosong area-area yang tadinya dipenuhin tenda. Udah pada balik ternyata, ke kehidupan nyata di kota. Haha


Bye Ranca Upas, kapan-kapan kita kemping lagi.
Kemping unlock ya Lintang! :)

captured by Kijing

---

Jadi gimana kemping di Ranca Upas masa pandemi?
Kalau ada yang berniat, saran saya begini:

- Kalau punya waktu weekday, kayaknya pilihan paling bagus soalnya sepi.
- Kalau weekend, kemping di area yang belakang-belakang masi recommended soalnya jarak antar tenda masih bisa jauh-jauh banget. Kalo kemping dibagian depan sama sekali nggak recommended.
- Kemping sama mobil nggak recommended karna lapak kemping yang bareng mobil itu penuhhhh banget, nggak tau ya kalau weekday.

Kalau liat kondisi kemarin, persekian menit itu selalu ada suara toa ngingetin buat jaga jarak dan sering cuci tangan dari pengurus Kampung Cai Rancaupas. Masalahnya jumlah pengunjungnya udah banyak, dan susah untuk jauh-jauhan (kalau dibagian depan), sementara di bagian belakang mah aman. Satu-satunya kemungkinan bersinggungan sama orang lain tuh di toilet. Tapi itu pun menurut saya masih aman karna tetep bisa jaga jarak. Di banyak tempat disediain tempat cuci tangan dan hand sanitizer juga sama pengelola, lumayan.

Dan kalau bawa anak, enaknya sebelum pergi udah diingetin kalo kondisi kemping lagi nggak normal, jadi anak juga udah tau sebelum pergi kalo sekarang harus jaga diri lebih.

Sekian, 
Sampai kemping berikutnya! :)


Tidak ada komentar