Tentang Eurotrip, setelah 7 tahun.

Sebenernya saya nggak punya pengalaman sebanyak itu sih soal traveling. But, I looooove it so much. Gara-gara kemaren rarapih blog tentang Belanda jadiii deh bangkit lagi kenangan masa lalu. Hehe.

Jadi tahun 2011 yang lalu, perjalanan paling besar saya sepanjang hidup: Eurotrip. Berdua doang, sama temen kuliah, Lalitya. Yap, kita cuma bedua dan cewe-cewe aja. Hehe. Tadinya sempet nyusun rencana bareng Yuri juga, tapi karna satu dan lain hal, Yuri batal ikutan Eurotrip. 


Kenapa sama Litya? Ini kayaknya takdir tuhan aja. Hahaha. Saya sama Litya teman satu jurusan di Desain Produk. Bukan temen segeng, nggak pernah main bareng, nggak ngerjain tugas bareng. Pokoknya ya sekelas aja. Tapi tampaknya punya impian yang sama selepas lulus.


Jadi, selama setahun terakhir sebelum lulus, kita udah mulai meeting-meeting kecil susun rencana. Susun itenerary. Waktu itu sih masih kerasa kayak mimpi banget semuanya, karna emang masi mimpi pengen kesini pengen kesitu. Nyebut nama kota-kota di Eropa seenak jidat. Tapi tetep cari info yang realistis. Dulu selain ngerjain TA, tengah malem kerjanya mantengin website pesawat, bus, sama kereta. Sampe dikomenin temen-temen yang liat, "Kapan perginyaa, liat tiket muluk!" Yaaaaaa. Tahan-tahaaaan. Sampai akhirnya saya dapet tiket Air Asia ke London dengan harga yang sulit didapat lagi: 4,5 juta pp Kuala Lumpur - London! Kewl kan.

Nah mulai deh tuh agak realistis perjalanan. Walopun masih kayak mimpi.
Litya nggak ada masalah soal tiket, soalnya babehnya pilot Garuda. Hahahah. Jadi dia bisa terbang kapan aja seenak jidat. Tinggal nyamain sama jadwal terbang saya aja.

Kalo mau dibayangin, rencana kita Eurotrip ini sampe bikin itenerary ABCD. Ngeprint peta Eropa beberapa lembar, nyari kemungkinan rute perjalanan yang mungkin kita capai, dengan uang sesedikit mungkin. Hehehe. Semua ini disusun sambil kita kuliah, maen, bikin Pasar Seni 2010, tugas akhir, dll. Lama sih emang nyusun rencananya. Tapi ya namanya budget pas-pasan ya harus gini kalo mau jadi pergi.

Singkat cerita, akhirnya semua rencana tersusun dengan rapi. Kemungkinan jadi pergi makin naik persenannya, dan beberapa hotel dan tiket perjalanan di dalam Eropa udah kita pesen. Sebenernya hampir semua tiket perjalanan kita pesen selagi masih di Indonesia sih. Nyicil belinya, mulai dari mana dulu yang diskon. Hahhaha. Jadi rute bisa pindah (selama masi masuk akal) kalo tiba-tiba muncul diskonan kereta baru hehe.

Walopun ada insiden visa keluar di detik-detik terakhir, akhirnya saya bisa pergi. Dianter mamah ke bandara Husein pagi-pagi buta, mau terbang ke Kuala Lumpur, sebelum nanti tengah malem terbang ke London. Kalo dipikir sekarang, saya beneran masih bertanya-tanya sih, kok bisa waktu itu mamah papah ngizinin saya sebulan lebih di Eropa, bedua aja, ama cewe sepantaran doang lagi. Tapi yhaaaa, alhamdulillah ajaaaaa dapet izin. Waktu itu kondisinya saya belum pernah keluar negeri sendiri. Pernah sekali keluar negeri tanpa orangtua, betiga sama temen, itupun cuma sampe Singapur. Perjalanan paling jauh saya seumur-umur cuma sampe Bangkok, itupun bareng keluarga. 
Makasi loh mamah papah hihihi.

Terbang sendirian nih ceritanya ke London. Sementara Litya udah beberapa hari di Belanda, di tempat om-tantenya. Bakal sampe di London di waktu yang sama saya sampe di London.

And let the magic begin!



Could you guess what picture is this..?
This is the very first London air that stuck my hair, my skin.

Hal-hal kayak gini nih yang nggak bisa terlupakan. Biarin deh yang bilang saya nggak bisa move on dari masa lalu, I don't give a shit. Ini dia alasan saya traveling. Untuk membangkitkan rasa ini. Rasa yang susah banget untuk dijelasin. 

Rasa ditempat baru.

Dengan Bahasa Inggris yang masih terbata-bata banget karna udah lama nggak dipake, saya ngelewatin pertanyaan-pertanyaan petugas imigrasi (yang ngeberedel walopun baik aja), nyari-nyari pintu keluar, nyari tempat booking tiket bus buat ke tengah Kota London. Sampai akhirnya nemu tempat parkiran bus, ketemu petugasnya, dan yakin kalau saya nunggu bus yang benar.



Easybus yang kanan itu yang bawa saya ke tengah Kota London dengan selamat. Begitu keluar bus, dan bus nya pergi. Saya bengong soalnya tepat di sebrang saya ada ini:



London Beatles Shop ajah. Wah beneran nih udah sampe London :))
Tapi tetep harus fokus. Target saya dalam satu setengah jam dari bandara tadi, harus nyari lokasi hostel pertama kita. Litya dalam perjalanan ke tempat yang sama juga.

Waktu itu, hp saya blackberry yang foto cuma bisa seadanya. Smartphone belum ada. Gps juga belum ada (atau at least blm bisa dipake kayak sekarang), pulsa internet belom ada. Jadi cuma bisa dipake internetan kalo nemu wifi. Nemu wifi gratisan adalah pr kelas tinggi mengingat saya baru sejam lebih menginjakkan kaki di Eropa. Hahaha. Jadi modal satu satunya cuma pulsa beberapa ratus ribu yang dibeli sebelum pergi. Harga sms waktu itu kalo mau sms ke Litya sekitar 3000 sampai 7000 rupiah sekali sms. Jadi harus irit ngasi atau nanya informasi buat yang penting banget aja. Sisanya, usahain tanpa harus ngeluarin duit.

Bekal saya, satu buku jurnal. Isinya semua keterangan alamat, hostel, alamat kedutaan, tempat-tempat yang pengen dikunjungi, sama cara-cara untuk sampai ke tempat-tempat itu. Semuanya ditulis jauh hari sebelum pergi. 

Traveling tanpa itenerary bukan pilihan saat itu. Kenapa?
Karna budget terbatas, dan kita masih super amatir di Eropa. 
Waktu itu masih umur 23 tahun btw :P 
Dengan tau kita mau kemana aja, rutenya kemana, kita jadi dapet tiket bus/kereta yang murah. Hostel juga kalau pesen jauh hari masi super banyak pilihan dan banyak diskon, beda kalau kita go-show bisa jadi jauh lebih mahal. Plus, belum tentu kita sampe nya nggak tengah malem. Menghindari kita-kita yang cewe bedua masih belia ini luntang-lantung tengah malem di Eropa yaaaa jadi mendingan susun rencana sebaik mungkin.

Sampai di depan hostel yang dituju, Litya belom keliatan. Saya ngemper deh diluar bangunan hotel. Terlalu kikuk buat masuk kedalam, kikuk takut ditanya ini itu pake Bahasa Inggris.

Setelah sekian lama ngemper dengan backpack digeletakin gitu aja. Akhirnya muncul juga Litya. Betapa leganya ya Tuhaannnn. Fyuhhhhh. We made it!



And this is our very first hostel room. 



Cool ya? Hehe.

Hari-hari berikutnya setelah London, kita mendaki gunung lewati lembah. Naik bus malem, kereta, pesawat, ferry, ngelewatin berbagai macam imigrasi untuk sampai ke kota/negara berikutnya.

Dari London naik bus ke Glasgow. 
Sebuah perjalanan rejeki karna berkat giat mencari tiket murah, kita dapet tiket bus (Megabus) cuma 1 pound London-Glasgow. Yaaang perjalanannya 9 jam ajah. 4 jam di Glasgow berangkat lagi ke Edinburgh, tempat kita bakal nginep. Dua hari berikutnya dari Edinburgh balik lagi ke London dengan harga yang sama (1 pound!), lalu dua hari selanjutnya naik bus ngelewatin 4 negara buat ke Red Dot Museum, Essen, Jerman.



Apa rasanya jalan bedua sama satu orang selama sebulan lebih?
Mungkin yang dibutuhkan emang visi misi yang sama ya buat perjalanan jadi enak. Untungnya, saya sama Litya ternyata lumayan satu frekuensi kalo soal traveling. Beberapa beda cara, tapi so far masih super enak buat diajak jalan bareng. 

Bangun pagi, pengen leyeh-leyeh bisaaaa, pengen ngopi sejam dipinggir pantai bisa. Sebelum akhirnya berangkat keliling kota. Litya sama saya sama-sama kuat jalan sih. Jadi nggak ada masalah jalan terus sepanjang hari, demi liat sesuatu yang baru yang belom pernah kita liat. Kalo capek ya kita duduk-duduk aja, atau sekalian ngopi buat leyeh-leyeh. Nggak ada limit waktu, kecuali kalo harus ngejer pesawat, bus, atau kereta.

Santai aja semau kita :))

Koninginnedag di Museumplein, Amsterdam.


Foto dari kamera Litya. Captured by Fabian.

Jadi di awal pas ngebikin itenerary, sebenernya masing-masing saya dan Litya punya list kota-kota yang pengen kita kunjungin. Beberapa kota sama, dan beberapa lagi beda tentunya. Nah ini percobaan pertama toleransi sih sebenernya. Karna perlu diingat nggak semua keinginan bisa tercapai! Hahaha.. harus ditimbang dengan logis dan cocok dikantong juga :P

Bus, kereta, pesawat itu ganti-gantian promonya. Jadi menurut saya asal rajin nyari, bisa kok nyari harga lumayan miring buat banyak tujuan. Harus rajin tapi ya. Dan kalo emang udah nggak dapet sementara waktu makin mepet, ya harus mau pindah ke plan B. Antara ganti moda transport, atau pindah jalur kota.



Salah satu kota tujuan wajib saya adalah Stockholm. I dreamt to be there for years. Entah kenapa. Kebetulan, jalur yang kita rancang memungkinkan untuk mampir di Stockholm dua hari. Dua hari itu oke lah, buat perjalanan sepadat ini, cukup untuk ngejelajahin satu kota inti-intinya aja.

Nggak lupa ke Ikea tentunya :)



Satu cara yang lumayan bikin irit perjalanan adalah, cari perjalanan yang lumayan panjang. Biasanya ini bisa kalo pake bus. Karna kalo pake kereta udah keburu sampe. Hehe. Jadi pertimbangin jarak ke kota/negara berikutnya itu kira-kira yang sepanjang tidur malem. Jadi lumayan deh bisa ngirit hotel semaleman. Selama ini sih kita baik-baik aja tidur di bus, subuh nyampe di kota baru, sikat gigi cuci muka di wc stasiun. Demi ngirit 20 Euro mah ya. Heheeee.






Di perjalanan ini, banyaaaak banget pengalaman baru buat saya, dan tentunya tempat baru juga. Bener-bener nggak sia-sia nabung lama, tapi dapet keliling Eropa sebulan lebih. Ketemu orang baru, dapet pengalaman baru, mikir gimana caranya nutup hari ini dan pindah ke kota baru besoknya.

Mikir gimana caranya sampe akhir perjalanan nggak berantem sama Litya. :)))



Untungnya, alhamdulillah kita nggak kenapa-kenapa selama perjalanan. Nggak berantem (gede :P), nggak pake acara kecopetan (sempet takut karna Italy lumayan rawan), nggak pake acara ilang paspor atau ilang temen. Hahhaha.
Cuma sekali ada insiden ketinggalan kereta karna kita salah baca stasiun di Venice. Ya dibawa ketawa aja, beli tiket lagi walopun harganya berkali-kali lipat. Lanjut jalan keliling Venice sebelum akhirnya beneran berangkat ke Milan. Seru aja sih.






If you are still single and young, then don't forget to travel the world!
I insist!

Ya siapa juga gueeee hahaha.

Pokoknya gitu deh.

Sekarang, setelah 7 tahun dari perjalanan once in a lifetime ini, udah beda cerita. Kalau traveling bakal beda lagi hal-hal yang harus dipertimbanginnya. Karna udah punya suami dan satu buntut! Hehe. Tentunya dengan keseruan dan pengalaman yang berbeda juga ya.. nggak bisa dibandingin sama masa-masa single. Hihi.

Auf wiedershen!



---

Notes:
Saya ngehabisin sekitar 20 juta rupiah, untuk perjalanan hampir 1,5 bulan di Eropa. Termasuk tiket pesawat pp dari Indonesia, termasuk visa Schengen dan UK. Termasuk makan minum, hotel, bus, pesawat, kereta dan semua semuanya.
Worth it kan? :)

4 komentar

Diski mengatakan...

Mii.. seru banget dehh.. gw nyesel sih knp ya dulu ga kepikiran buat eurotrilp.

Litya mengatakan...

Duh kangeeeen!!

Miun mengatakan...

@diski Kikiii coba templatenya diganti aja sekarang, bawa suami dan anak dua! Hehehe

Miun mengatakan...

@Litya super nyetttt, gw masi ga bisa move on edyaaan