D.T. Suzuki Museum.

Menyambung cerita ke Jepang, kali ini sedikit tur ke Museum D.T. Suzuki. Sebenernya saya nggak begitu familiar sama D.T. Suzuki, sampai bener-bener dateng ke museum dan baca biografinya. Jadi mungkin pandangannya sebagai orang awam aja ya.

Kalo anak arsitek kayaknya lebih paham nih.

Letaknya masih di tengah-tengah Kanazawa. Naik sepeda sebentar juga udah sampe, kita numpang parkir sepeda di Lawson deket situ. Terus jalan kaki sedikit. Lokasinya sebenernya kayak ditengah-tengah perumahan aja, perumahan lumayan bagus. Tapi ternyata pas masuk museumnya gede banget dan nyambung-nyambung ke bagian kota yang lain lagi.






Pintu masuknya kayak gini, rapi, apik, zen banget. Hehe




Masuknya bayar 300 yen, dan yang bikin kaget mbak-mbak resepsionisnya (yang orang Jepang) ternyata bisa Bahasa Indonesia. Ternyata pernah 2 tahun tinggal di Jakarta. Hahaha. Random nih si Mbak, mana Bahasa Indonesianya masih bagus banget lagi.


Yak, balik lagi ke soal Museum. Daisetz Suzuki ini adalah pakarnya Buddhism dan Zen yang lahir di Kanazawa, makannya kadang-kadang orang nyebut museumnya Museum Zen. Masuk ke dalamnya, wow kayak masuk ke dunia yang berbeda. Tenang, aman, damai.




Kira-kira begini sepoi anginnya :)






 


a.
Terus lanjut jalan ke hutan di belakangnya.. yang ternyata nyambung-nyambung ke Honda Family House, Kenrokuen Garden, dan beberapa tempat lainnya. 






.
Sebenernya ini kita jalan udah cukup jauh, dan lebih deket kalo keluar sekalian lewat Kenrokuen Garden. Tapi karna nitip barang di deket resepsionis tadi, dan parkir sepeda juga, jadi tetep harus balik lagi ke tempat awal masuk.

Selain perpaduan arsitektur dan alam yang bagus banget, saya sukaaa banget sama detail-detail kecil di museum ini, semuanya apik, cukup, dan nggak berlebihan.


.
Kanazawa, 2 Mei 2018.

Tidak ada komentar